Rabu, 17 Oktober 2012

psikologi konsumen-tugas softskill-perilaku konsumen


PSIKOLOGI KONSUMEN
Apa itu psikologi konsumen? Psikologi konsumen adalah suatu ilmu dari cabang psikologi dan ilmu ini memiliki cangkupan ilmu lain juga yang cukup luas, contoh yang paling jelas adalah berbau ilmu ekonomi. Karena menurut pandangan filsafat ilmu, bahwa ilmu saling melengkapi dan mengisi. Psikologi konsumen ini juga demikian, agar suatu ilmu semakin sempurna (kompleks) dan bermanfaat bagi manusia.
Jelaskan psikologi konsumen! Menurut Wikipedia konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Psikologi konsumen = perilaku konsumen,

Menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1990), perilaku konsumen diartikan “…. Those actions directly involved in obtaining, consuming, and disposing of products and services, including the decision processes that precede and follow this action”.

Perilaku konsumen merupakan tindakan–tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan tersebut.

Perilaku konsumen adalah aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa (Blackwell, Miniard, & Engel, 2001). Sedangkan The American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya. Dalam kata lain perilaku konsumen mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan saat proses konsumsi (Peter & Olson, 2005). Perilaku konsumen menitikberatkan pada aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi dari individu. Perilaku konsumen berhubungan dengan alasan dan tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pembuangan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi (Hanna & Wozniak, 2001).

Dan kaitannya dengan pengambilan keputusan dalam pemasaran adalah
1.konsumsi
2.kebutuhan konsumen
            - konsumen individual
            - konsumen institusional
3.konsumtif
4.konsumerisme
5.faktor kebudayaan
            -kebudayaan
            -sub budaya
6.faktor social
            -kelompok referensi
            -keluarga
            -peranan dan status
7.faktor pribadi
8.faktor psikologis
            -motivasi
            -persepsi
            -belajar
            -kepercayaan dan sikap
Point-point tersebutlah yang menyangkut pada kaitannya psikologi konsumen dalam pengambilan keputusan didalam pemasaran.


 
SUMBER :
Ferinadewi, Erna. 2008. Merk & Psikologi Konsumen. Jakarta. Graha Ilmu
Ebook Consumer Psychology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar