PSIKOLOGI KONSUMEN
Apa itu psikologi konsumen? Psikologi konsumen adalah suatu ilmu
dari cabang psikologi dan ilmu ini memiliki cangkupan ilmu lain juga yang cukup
luas, contoh yang paling jelas adalah berbau ilmu ekonomi. Karena menurut
pandangan filsafat ilmu, bahwa ilmu saling melengkapi dan mengisi. Psikologi
konsumen ini juga demikian, agar suatu ilmu semakin sempurna (kompleks) dan
bermanfaat bagi manusia.
Jelaskan psikologi
konsumen! Menurut Wikipedia konsumen adalah
setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik
bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain
dan tidak untuk diperdagangkan.
Psikologi
konsumen = perilaku konsumen,
Menurut Engel, Blackwell dan Miniard
(1990), perilaku konsumen diartikan “…. Those actions directly involved in
obtaining, consuming, and disposing of products and services, including the
decision processes that precede and follow this action”.
Perilaku konsumen merupakan tindakan–tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan tersebut.
Perilaku konsumen adalah aktivitas
seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa
(Blackwell, Miniard, & Engel, 2001). Sedangkan The American Marketing
Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis dari
pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan
pertukaran aspek hidupnya. Dalam kata lain perilaku konsumen mengikutkan
pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan saat proses
konsumsi (Peter & Olson, 2005). Perilaku konsumen menitikberatkan pada
aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi dari individu. Perilaku konsumen
berhubungan dengan alasan dan tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian,
penggunaan, dan pembuangan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan
kebutuhan dan keinginan pribadi (Hanna & Wozniak, 2001).
Dan kaitannya dengan pengambilan keputusan dalam pemasaran
adalah
1.konsumsi
2.kebutuhan konsumen
-
konsumen individual
-
konsumen institusional
3.konsumtif
4.konsumerisme
5.faktor kebudayaan
-kebudayaan
-sub
budaya
6.faktor social
-kelompok
referensi
-keluarga
-peranan
dan status
7.faktor pribadi
8.faktor psikologis
-motivasi
-persepsi
-belajar
-kepercayaan
dan sikap
Point-point tersebutlah yang
menyangkut pada kaitannya psikologi konsumen dalam pengambilan keputusan
didalam pemasaran.
SUMBER :
Ferinadewi, Erna. 2008. Merk &
Psikologi Konsumen. Jakarta. Graha Ilmu
Ebook Consumer Psychology
Ebook Consumer Psychology
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumenhttp://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/perilaku-konsumen-definisi-dan-tipe.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar