Surat
Surat
adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak
kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan,
permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat;
bukti historis; dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop
sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat
maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.
Jenis Surat
Surat
secara umum digolongkan menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat dinas, dan
surat niaga apabila ditinjau dari segi bentuk, isi, dan bahasanya. Sedangkan
apabila digolongkan berdasarkan berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi
tiga yaitu surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas.
Surat pribadi
Surat
pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat
berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi
yaitu:
- Tidak menggunakan kop surat
- Tidak ada nomor surat
- Salam pembuka dan penutup bervariasi
- Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis
- Format surat bebas
Surat Resmi
Surat
resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan,
instansi, maupun organisasi; misalnya undangan, surat edaran, dan surat
pemberitahuan. Ciri-ciri surat resmi:
- Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi
- Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
- Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim
- Penggunaan ragam bahasa resmi
- Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi
- Ada aturan format baku
Bagian-bagian
surat resmi:
- Kepala/kop surat
Kop
surat terdiri dari:
- Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar.
- Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil
- Logo instansi/lembaga
- Nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan
- Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat
- Hal, berupa garis besar isi surat
- Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
- Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
- Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
- Isi surat
Uraian
isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan
huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD)
haruslah menyesuaikan.
- Penutup surat
Penutup
surat, berisi
- salam penutup
- jabatan
- tanda tangan
- nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
- Tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan
Surat Niaga
Surat
niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti
industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan
dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga terdiri atas
surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas surat niaga
internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat niaga adalan
surat penawaran dan surat penagihan.
Surat Dinas
Surat
dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan
tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu
instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat
pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan
instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.
Ciri-ciri surat dinas:
- Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
- Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
- Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
- Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
- Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat
- Format surat tertentu
Surat Lamaran Pekerjaan
Surat
lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang
ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu. Surat
lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat
aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum
surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini:
- Kepala surat
- Tempat dan tanggal pembuatan surat
- Nomor surat
- Lampiran
- Hal atau perihal
- Alamat tujuan
- Salam pembuka
- Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
- paragraf pembuka
- isi surat
- paragraf penutup
- Salam penutup
- Tanda tangan dan nama terang
Surat Elektronik
Dengan
berkembangnya teknologi, surat pun semakin mengalami pembaharuan, misalnya
dengan adanya surat elektronik. Surat elektronik atau surel merupakan surat
yang pengirimannya berbasis pada penggunaan internet. Pada awalnya, perusahaan
bernama Olt Break and Newman dikontrak oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat untuk membuat ARPANET pada 1969. ARPANET ini singkatan dari Advanced
Research Projects Agency Network yang bertujuan untuk meciptakan metode
komunikasi antara intitusi pendidikan dengan militer.
Pada
tahun 1971, Ray Tolimson bertugas dalam proyek SNDMSG yang berfungsi untuk
mengirim dan menerima pesan dalam mesin yang sama. Ray awalnya bereksperimen
dengan SNDMSG untuk meninggalkan pesan di komputer sehingga muncul lah protocol
CYPNET yang mampu mengirimkan pesan ke
komputer lain yang masih berada dalam jaringan ARPANET. Ini lah yang menjadi
cikal bakal surat elektronik.
Untuk
mengakses surel, kita bisa memilih ssalah satu cara. Pertama dengan menggunakan
browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefix . Surel dengan
basis browser biasanya menyediakan layanan tersebut secara gratis. Kedua
dengan program pengakses surel seperti Microsoft Outlook. Keuntungannya kita
tidak harus selalu membuka internet untuk membuka surel yang ada.
Contoh
Surat Lamaran Kerja
Yth. Kepala Personalia
LPP TRACOM
Jl. Belanti, Tanjung Raja, Ogan Ilir
Sumatera Selatan
Hal : Permohonan Pekerjaan
Dengan hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama : Anita Sarahwati
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 06 Januari 1992
Usia : 21 tahun
Pendidikan Terakhir : SMA
Alamat Asal : Jalan irigasi – Bekasi
Domisili : Bekasi
Telepon : 081380940687
Berdasarkan Bursa Kerja
yang dimuat pada Harian Sriwijaya Pos,
saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk
menempati posisi sebagai karyawan. Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya
mampu mengoperasikan komputer, microsoft word, power point, adobe potoshop, dan
browsing internet. Saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja
secara mandiri maupun tim.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa
berkas sebagai berikut:
1. Foto Copy Ijazah terakhir
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Foto Copy KTP
4. Foto Copy SIM
5. Foto ukuran 3 x 4 =
2 lembar
Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat
dengan sebenar-benarnya.
Besar harapan saya untuk dapat diterima di
perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima
kasih.
Bekasi,
04 Juni 2013
Hormat
Saya,
Anita
Sarahwati
CV (Curriculum vitae)
Sebuah
kurikulum vitae (CV) memberikan gambaran tentang pengalaman seseorang
dan kualifikasi lainnya. Di
beberapa negara, CV biasanya item pertama bahwa sebuah potensi majikan pertemuan
mengenai pencari kerja dan biasanya digunakan untuk pelamar layar, sering
diikuti oleh wawancara, ketika mencari pekerjaan.
Contoh CV (curriculum vitae)
Anita Sarahwati
Data Pribadi
Tempat, tanggal lahir :
Jakarta, 6 Januari 1992
Jenis kelamin :
Perempuan
Status : Belum menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan :
Indonesia
Alamat : jl. Irigasi No.95
Bekasi Selatan 17148
Telepon
: 081380940687
e-mail :
anita.sw06@yahoo.com
Latar belakang Pendidikan
Formal
2005 – 2007 : SMP Tunas Jakasampurna, Bekasi
2007 – 2010 : SMA Negeri 8, Bekasi
2010 – 2013 : Universitas Gunadarma, Bekasi
Non Formal
2006 – 2007 : Kursus bimbingan belajar Primagama,
Bekasi
2009 – 2010 : Kursus bimbingan belajar Nurul Fikri,
Bekasi
2011 – 2012 : Kursus bimbingan belajar bahasa
inggris LIA, Bekasi
Kemampuan
*kemampuan komputer (
MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access dan Internet )
Pengalaman Kerja
*belum berpengalaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar